Follow us on social

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
magazine@example.com

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

Ayounglam

  /  Berita Bisnis Online   /  Agustus 2015

Agustus 2015

Selamat datang . bulan Agustus 2015 .
Info hot seputar bisnis online di bulan ini .

[divider]

27 Agustus 2015

ANALISA Theo F Tumeon :

Pelemahan bursa saham global berlanjut didasari oleh kekuatiran pelaku pasar atas pelemahan ekonomi China yang dinilai lebih buruk dari perkiraan setelah bank sentral China melakukan devaluasi terhadap mata uang Yuan. Sementara itu, pasar komoditas mencapai level terendah dalam 16 tahun dengan harga minyak dunia telah berada dibawah angka USD 40/barel.

Indonesia akan hancur atau berjaya ? Jokowi sangat pandai , dia biarkan dollar tinggi krn dia sdh menyimpan yuan
maka dalam waktu singkat Indonesia lepas dr ketepurukkan , sengaja dollar dibuat naik sbb Jokowi dr dulu sdh main mata dgn china jd jangan anda terjebak, membeli dollar tp justru jual selagi harga bagus krn sebentar lagi harga dollar dr rp 15.000 akan jd hanya rp 6.000 dan sebaliknya Yuan akan naik jd 3 x lipat. Pelaku pasar uang, pasti mengerti hal ini. Pengumuman Oktober nanti, semua akan mengenai China dan mata uang mereka Yuan. Saya yakin, IMF akan segera meresmikan Yuan menjadi salah satu mata uang utama dunia. Titik.

Q: Jika hal itu terjadi, maka Yuan akan memiliki kekuatan besar untuk bersaing di pentas keuangan dunia. Orang akan melepas US Dolar dan memegang Yuan China. Apakah Anda melihat begitu?

TFT: Iya. Jelas demikian. Makanya penting untuk saat ini kita mengambil posisi, sambil terus mencermati setiap detil perkembangan yang terjadi. Mungkin ratusan juta orang yang menyimpan asetnya dalam US Dolar, akan jadi miskin ketika pergeseran ini terjadi. Dalam sejarah umat manusia, mungkin ini adalah pergeseran terbesar.

Q: Tapi Pak Theo, cerita ini kan belum heboh.

TFT: Lihat saja nanti. Semua media akan memberitakan hal ini. Itulah sebabnya, penting untuk kita mengambil langkah yang tepat. Terserah apa kita, termasuk pemerintahan Jokowi akan peduli dengan hal ini, yang jelas ini pasti terjadi. Investasi kita hampir semuanya ada di dalam US Dolar. Sementara permintaan akan US Dolar nantinya akan merosot drastis, pengumuman Yuan menjadi salah satu mata uang dunia, akan seperti gempa berkekuatan 10 Skala Richter pada dunia keuangan.

Q: Kenapa Yuan Pak Theo?

TFT: Ada empat alasan.

Pertama, China adalah kekuatan ekonomi terbesar dunia saat ini, terlepas dari semua masalah yang mereka hadapi. Menurut IMF sendiri, tahun 2014 akhir, China telah melampaui daya beli yang selama ini didominasi oleh Amerika. Menjadi masuk akal, jika kemudian negara dengan kekuatan ekonomi terbesar, memiliki mata uang yang menjadi reserve currency. China saat ini menjadi negara eksportir terbesar. Berarti negara-negara di dunia, akan mencari bantuan keuangan ke China. Termasuk juga Amerika. Hari ini saja, hutang Amerika ke China sudah mencapai paling tidak 1,3 tiliun dolar.

Q: Kalau sudah begitu, koq kenapa lama sekali baru IMF memutuskan Yuan menjadi salah satu world reserve currency?

TFT: Yang perlu ditekankan adalah, ini bukan berarti kiamat untuk US Dolar. Intinya adalah China memiliki jumlah dana yang begitu teramat besar dalam cadangan mereka. Mereka bisa dapat apa yang mereka mau. China juga bisa saja mempersulit Amerika, atau siapa saja yang memiliki hutang ke negara itu.

[divider]

26 Agustus 2015

EFEK PERANG KURENSI

Point utama : China dan USA , dan Harga Minyak dunia Arab dan USA .

Share sdikit mengenai kondisi market terkini mengutip penjelasan dari perspektif ekonom:
Rupiah akhir pekan lalu menembus level psikologis baru, Rp14.000 per US$. Sedangkan indeks harga saham gabungan (IHSG) juga berada pada level yang rendah 4.335. Situasi ini lekas memantik kepanikan. Orang pun lantas menebak-nebak, bahwa ini merupakan ulangan peristiwa krisis 1998 yang traumatik itu.

Sesungguhnya, bukan cuma kita yang panik, namun praktis seluruh dunia. Depresiasi bukan hanya terjadi pada rupiah, namun juga ringgit (Malaysia) dan baht (Thailand). Kedua mata uang tersebut mengalami pelemahan besar, bahkan mencapai level terburuk sesudah 1998.

Begitu pula indeks bursa saham. Bukan cuma di negara-negara emerging markets yang bursanya rontok, namun bahkan di New York indeks Dow Jones jatuh di level yang amat rendah 16.459. Padahal, beberapa waktu yang lalu, indeks saham New York pernah mencapai 18.300, atau jauh lebih tinggi daripada sebelum krisis subprime mortgage2008-2009.

Apa yang menyebabkan kepanikan ini?Pertama, secara tak terduga, pemerintah China melakukan devaluasi mata uangnya, yuan. Sebenarnya, sudah sejak lama pemerintah China secara sengaja membuat yuan lemah, atau setidaknya ‘tidak mengizinkannya berada level yang semestinya kuat.’ Sudah lama pula pemerintah Amerika Serikat (AS) melakukan lobi terhadap pemerintah China agar mau membuat yuan kuat.

Sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terkuat nomor dua di dunia sesudah AS, mata uang yuan mestinya cenderung kuat. Namun kenyataannya, pemerintah China sepertinya ‘menikmati’ benar yuan yang lemah, demi mendorong ekspor. Pemerintah China bergeming, mereka tetap tidak mau mendorong yuan agar menguat sesuai mekanisme dan kehendak pasar.

Belakangan ini China justru mulai keteterandengan daya saingnya. Karena upah buruh yang terus naik, serta harga tanah yang naik di daerah industrinya (kota-kota besar di sepanjang pantai timur), China mulai mengalami perlambatan ekspor dan perlambatan pertumbuhan ekonomi. Data terakhir menunjukkan, pertumbuhan ekonomi mereka hanya 6,9%, atau di bawah ekspektasi antara 7% hingga 7,5%.

Karena mereka tidak mungkin menekan upah buruh dan harga tanah, maka satu-satunya solusi yang cepat adalah melakukan devaluasi yuan. Kebijakan ini kemudian memicu kekhawatiran akan terjadinya ‘perang kurs’ (currency wars) di seluruh dunia. Untuk menghadapi situasi buruk ini, maka para pemilik modal di seluruh dunia segera mencari aman. Caranya? Segera memindah dananya menjadi dolar AS. Akibatnya, segera terjadi kenaikan permintaan terhadap US$, penjualan surat-surat berharga di pasar modal, serta aliran dana keluar (capital outflows) dari seluruh dunia ke AS.

Kedua, anjloknya harga minyak juga menambah runyam masalah. Harga minyak dunia jenis West Texas Intermediate (WTI) pada akhir pekan lalu hanya US$40,45 per barel, sedangkan jenis Brent cuma US$45,46 per barel. Penurunan harga ini terutama disebabkan oleh produsen besar Arab Saudi yang menyatakan berani ‘perang harga’ melawan produsen-produsen lain, karena ongkos produksinya paling murah di dunia (hanya US$10 per barel).

Sementara itu, juga terungkap informasi bahwa biaya produksi minyak di AS (shale oil) ternyata juga murah, diperkirakan cuma US$20 per barel. Jadi, jika harga minyak dunia dipatok murah US$40 per barel sekalipun, Saudi dan AS masih mempunyai margin yang cukup.

Kombinasi antara currency wars dan oil warsmembuat pemilik modal di seluruh dunia panik, dan memilih main aman dengan cara ‘memegang’ mata uang dolar AS. Begitulah kira-kira penjelasan kenapa dolar AS begitu diminati orang, serta mengapa rupiah dan mata uang dunia lainnya terperosok dalam.

Namun sesungguhnya hal itu bukanlah ekuilibrium permanen. Lihatlah, bahwa indeks harga saham di New York pun jatuh cukup dalam. Artinya, para investor dunia pun menyiratkan keraguan, apakah masa depan perekonomian AS benar-benar bersinar terang, sehingga mereka layak memegang dolar AS dalam jangka panjang?

Dengan kata lain, apakah AS juga akan senang jika mata uang US$ terus menerus menguat? Saya rasa tidak. Mereka pun akan kerepotan jika US$ terlalu kuat (overvalued), terlebih lagi mereka akan menghadapi yuan yang dipatok terlalu lemah (undervalued). Hasilnya, defisit perdagangan AS terhadap China akan semakin parah. AS pasti tidak menghendaki ini terjadi.

Jadi, sebenarnya kurs US$ yang terlalu kuat dan kurs mata uang lain terlalu murah, termasuk Indonesia, saya yakin bukanlah hal yang akan bersifat permanen. Ini hanya bersifat sementara, karena pasar terlalu panik menyikapi currency wars dan oil wars. Jika berpikir lebih tenang dan jernih, kepanikan yang sedemikian besar itu tidaklah perlu. Ekuilibrium yang lebih sehat bagi semua pihak (AS, China, dan seluruh dunia) bakal ditemukan.

Apakah Indonesia akan terperosok ke lubang krisis serupa 1998? Tidak. Situasinya berbeda. Pada 1998, rupiah memang mencapai Rp15.000 per US$, bahkan pernah menyentuh Rp17.000 per US$ selama dua hari pada Januari 1998. Kurs sekarang yang nyaris Rp14.000 per US$ memang sudah hampir mendekati level tersebut. Namun kondisi fundamentalnya lain.

Pada 1998, semua bank praktis insolvent dan bangkrut. Hampir semua bank membukukan kerugian besar yang memakan modal (equity), hingga modalnya negatif. Hal ini disebabkan oleh kombinasi antara tingginyanonperforming loan (NPL) dan negative spread (suku bunga deposito 60%-70% versus suku bunga kredit cuma 24%). Saat ini kondisinya berbeda. Bank-bank memang kinerjanya menurun, labanya stagnan atau turun, tapi masih ada beberapa bank yang labanya bisa naik.

Dari sisi permodalan, semuanya masih kuat dengan CAR rata-rata 20%, dibandingkan CAR negatif pada 1998. Kredit macet memang beranjak naik, namun masih di level 3%. Pertumbuhan kredit memang melambat, namun tetap ada pergerakan. Bank-bank juga sudah melalukan stress test, di mana pada umumnya masih mampu menghadapi kurs rupiah Rp15.000 per US$.

Apa yang bisa dilakukan sekarang? Bank Indonesia (BI) kian memperketat penggunaan US$. Sebelumnya, setiap pembelian valuta asing hingga US$100.000 harus disertai bukti transaksi yang memadai (underlying documents). Angka ini kini diperketat menjadi US$25.000. Banyak orang yang salah interpretasi, bahwa BI membatasi transaksi valas. Bukan begitu. Transaksi pembelian valas tetap diizinkan, namun harus disertai bukti bahwa itu benar-benar dilakukan, bukan cuma orang yang berspekulasi.

Pemerintah juga perlu mempertajam prioritas belanja yang menggunakan valas, agar cadangan devisa yang sudah tertekan menjadi US$107 miliar dapat dihemat. Proyek-proyek pemerintah yang haus devisa terpaksa harus dikaji ulang untuk sementara, dijadwalkan kembali.

Sementara itu soal BI rate, rasanya tidak perlu diubah dulu. Jika melihat urgensi bahwa rupiah tertekan, maka BI ratememang perlu dinaikkan. Namun jika itu dilakukan, hanya akan lebih menyulitkan industri perbankan dalam upaya mendorong ekspansi kredit. Tanpa kenaikan suku bunga pun ekspansi kredit cenderung menukik turun. Bagaimana pun juga industri perbankan tetap perlu menjaga momentum agar tahun ini pertumbuhan ekonomi tetap bisa mencapai 5%.

Saya tetap percaya masa-masa sulit ini dapat kita lalui. Syaratnya, para pelaku ekonomi di pasar finansial dan modal janganlah panik secara berlebihan. Kepanikan tidak memberi manfaat apa pun, selain menyebabkan perekonomian kian terbenam.

Penulis: A. Tony Prasetiantono, Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM

 

 

 

[divider]

14 Agustus 2015

Ini adalah video kejadian ledakan bahan kimia di Tianjin .

Sedikitnya 44 orang tewas dan sekitar 520 terluka akibat dua ledakan dahsyat di sebuah gudang penyimpanan bahan kimia di kota pelabuhan Tianjin, Tiongkok, Rabu (12/8) tengah malam. Ledakan pertama berdaya setara tiga ton TNT dan kedua setara 21 ton TNT.
Bahkan 36 pemadam kebakaran kehilangan kontak , yang di duga terkena ledakan susulan . Dikerahkan sekitar 100 unit mobil pemadan kebakaran .

Media lokal mengidentifikasi, gudang yang menjadi pusat ledakan adalah milik Ruihai International Logistics. Suara dan getaran akibat ledakan tersebut terasa hingga beberapa kilometer. “Bangunan kami terguncang,” kata seorang warga di sebuah apartemen yang mengira telah terjadi ledakan bom atom di sekitarnya.

Bola api raksasa menjulang ke udara dan menerangi langit kota berpenduduk 15 juta jiwa itu. Daya ledaknya merobohkan sejumlah bangunan di sekitarnya. Gedung parkir bertingkat di pangkalan logistik pelabuhan dan ratusan mobil di dalamnya hangus terbakar dan rusak berat.

Video dibawah ini adalah Keadaan setelah ledakan terjadi .

Menurut Pusat Jaringan Gempa China, besarnya ledakan pertama setara dengan ledakkan 3 ton bahan peledak jenis TNT. Sedangkan yang kedua setara 21 ton.

[divider]

12 Agustus 2015

ORANG INDIA MENJADI ORANG NOMOR 1 DI GOOGLE , MENGANTIKAN LARRY PAGE

Sundar Pichai, pejabat yang digantikan Larry Page sebagai Presiden Google menyatakan pada hari Senin.

Presiden baru Google dikandung pada tahun 1972, Sundar Pichai tumbuh dan melakukan mendidik di Chennai, Tamil Nadu.

Pichai telah pindah dari Yayasan Inovasi, Kharagpur (IIT) di Metallurgical Merancang. Pichai diresepkan oleh pendidik nya di IIT untuk mencari setelah PhD di Stanford College. Dalam kasus apapun, dia memilih untuk melakukan M.S dan MBA. Dia memegang M.S. dari Stanford Tinggi di Ilmu Material dan Perancangan dan MBA dari Wharton School of College of Pennsylvania, di mana ia diangkat menjadi Peneliti Siebel dan Peneliti Palmer.

Seperti yang ditunjukkan oleh Larry Page

“Saya merasa sangat diberkati untuk memiliki seseorang mampu seperti dia untuk menjalankan agak menipis bawah Google dan ini kewenangan waktu bagi saya untuk terus skala keinginan kita,”

Dia mengatakan dia terinspirasi dengan “kemajuan dan komitmen terhadap organisasi” Pichai dan dijamin untuk terus mempersiapkan dirinya, yang telah berada di Google setelah tahun 2004.

“Saya telah menginvestasikan banyak energi dengan Sundar, membantu dia dan organisasi dalam kapasitas apa pun yang saya bisa, dan saya jelas akan terus melakukan hal itu.”

Dalam pasang surut bagiannya, Pichai mengawasi administrasi item, bangunan dan eksplorasi untuk item dan tahap Google, sesuai rekaman Google di US Securities and Trade Commission.

Sebelum itu, ia SVP Google Android, Chrome dan Aplikasi, mengambil tembakan di item pembelanja “dimanfaatkan oleh sejumlah besar individu,” kata rekaman.

Pichai adalah sepotong kelompok yang dikirim program Chrome pada tahun 2008 dan, sebelumnya itu, pecah jauh di item mengejar yang berbeda, termasuk Google Toolbar, Desktop Inquiry, Contraptions, dan Google Aparatur dan Devices, seperti yang ditunjukkan oleh majalah Business Insider.

Sebelum bergabung dengan Google, Pichai diisi sebagai desainer di produsen Terhubung Bahan, tertinggal peregangan dalam konseling administrasi di McKinsey & Organisasi, sesuai Business Insider.

Media AS digambarkan dia sebagai berwatak halus, minimal diketahui, dan tangan kanan jangka panjang untuk pelatih Halaman.

Halaman kata Pichai adalah orang untuk mengontrol kapal Google di tahun-tahun yang akan datang, karena terus mengembangkan dan memperluas basis barang nya.

“Google sendiri tambahan membuat berbagai item baru, dan saya tahu Sundar dependably akan berpusat di sekitar menjaga pengembangan batas memperpanjang,” katanya.

“Aku tahu dia amat pikiran bahwa kita dapat terus membuat langkah besar pada misi pusat kita untuk memilah-milah data dunia.”

[divider]

4 Agustus 2015

berikut ini info yang saya dapat , dari leader sebelah :

Nyoman Suwasnawa > ****SWN TEAM “LenLen****
Selamat pagi temen2 semua…..
Apa kabar ??? Semoga kita selalu dalam perlindungan-Nya
Berbagai masalah sudah ada hasilnya dr pertemuan Kediri antara founder, team leader dan trader. Semua hasil pertemuan tsb akan kami posting segera setelah surat perjanjian dilegalisasi oleh team Lawyer.
Poin penting dari pertemuan Kediri yaitu mulai tgl 10 Agustus 2015 akan ada pencairan new invest, gadget, avanza dan kemudian menyusul recovery 4-22.
Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh member team SWN atas dukungan dan kesabarannya untuk menunggu dan besabar sampai proses recovery ini selesai.
Saya ucapkan terima kasih juga untuk para agen SWN Team yg masih loyal dan membantu sy dalam proses recovery ini

POIN utama : mulai tgl 10 Agustus 2015 akan ada pencairan new invest, gadget, avanza dan kemudian menyusul recovery 4-22.

[divider]

Surat Pernyataan Kesanggupan dari Founder ke Leader (mewakili member) dan disaksikan perwakilan member. Kesimpulan dari surat tsb adalah

1. Refund
a. New Invest Reguler YKS168
b. Gadget (terkecuali join single paket dan sudah menerima produk 30Hk maka tidak ada refund krn nilai gadget 30Hk sudah lebih besar daripada nilai single paket @3jt),
c. Avanza yang belum menerima cashback,
d. tur religi Holyland akan di refund tgl 10 Agustus 2015, sesuai jadwal

2. Untuk dana recovery yang tersisa akan kami ambil alih dari founder
berjumlah 5M, dengan rincian di transfer 2,5M di tgl 18 Agustus, dan 2,5M kemudian di tgl 24 Agustus 2015

3. Dengan total dana sebesar 5M dan total recovery sebesar 127.094.329.525 artinya dana secara persentasi adalah sebesar 3,9% dari nilai recovery. Bagi yang hendak menerima dananya langsung saat ini tanpa melalui proses di tradingkan, maka simplenya berapa total modal yang Anda investkan lalu dikalikan 3,9%

4. Kami leader berinisiatif untuk mengembangkan dana tersisa melalui cara trading di tempat yang berbeda (bukan di YKS168) dan tidak menggunakan jasa trader YKS168 lagi. (Roadmap menyusul dari bulan ke bulan hingga selesai). Tentunya di tim trader yang handal dan sudah berpengalaman serta dapat dipercaya.

5. Bagi member yang merasa keberatan dan menuduh kami leader yang tidak – tidak maka dananya akan kami refund sesuai dengan dana yang ada bila dana sudah masuk ke rek kami, silahkan hub leader atau agen Anda. Kami sendiri akan tetap menjalankan rencana trading kami, toh sisanya juga hanya 3,9% apa salahnya kami coba perjuangkan.

6. Dana 5M ini adalah 3,9% dari total nilai recovery artinya founder masih punya kewajiban untuk menyelesaikan sisa dana sebesar 96,1% hingga 1 Juni 2016. Dan bagi member yang sudah menerima refund saat ini akan tetap menerima haknya ketika founder sudah melakukan refund

7. Target kami dengan sisa dana 5M akan kami progress agar bisa mengcapai angka modal recovery, tentunya dengan jangka waktu. Target kami bila semua berjalan lancer akan selesai paling lambat April 2016. Semua dengan mekanisme yang transparan, mulai dari proses deposit sampai dengan dana di withdraw akan kami berikan kepada member.

8. Bilamana proses recovery dari tim trader baru berjalan baik, dan juga refund bertahap dari founder juga berjalan baik, maka kami estimasikan di bulan January 2016 recovery modal sudah selesai

9. Plan Umroh tetap berjalan sebagaimana mestinya dan dipastikan berangkat januari 2016, dan bagi kloter akhir diupayakan dapat berjalan sama dengan kloter awal, atau berselang 1-2 bulan sejak kloter 1 selesai.

10. Perlu di catat, bukanlah tanggung jawab leader untuk menyelesaikan recovery, namun kami merasa perlu dan turut bertanggung jawab secara moril untuk membantu menyelesaikan recovery ini secara cepat dan tuntas.

11. Hal2 lainnya akan kami umumkan kemudian
kami berharap semua pihak untuk bisa bersabar dan menahandiri untuk tidak melakukan tindakan tidakan yg bisa memperkeruh suasana ataupun berakibat pada terganggunya proses rencana recovery yg telah disusun. Ijinkan kami leader mengawal recovery ini hingga tuntas, saat ini kami butuh support moral dan dukungan doa dari rekan – rekan sekalian agar rencana ini bisa berjalan dengan baik.
Salam,
Leader YKS168
NB : Surat ini sudah wan marking oleh notaris dan sudah diperiksa oleh pengcara dan sudah berkekuatan hukum kuat dan tetap, sesuai ketentuan dari hukum yang berlaku di NKRI. Tugas teman2 saat ini adalah berdoa agar pengcairan dapat berjalan sesuai tenggat waktu yang telah di tetapkan, dan trader baru dan trader YKS diberikan kemampuan dan kesanggupan untuk menyelesaikan. Perlu di catat bahwa founder YKS168 akan tetap menyelesaikan kewajibannya seperti komitemen awal.

[divider]

1 Agustus 2015

Akan terjadi sesuatu terhadap USD Dollar di seluruh dunia pada Bulan Oktober 2015 Yang Akan Mengguncang Keuangan Dunia !!!

Apa yang akan terjadi setelah gejolak di Shanghai Stock Market beberapa hari lalu? Apakah ini menandakan stagnasi China dalam ekonominya yang kini melanju demikian kencang, ataukah kerugian 30% pada saham-saham China tersebut hanya merupakan sedikit “guncangan” dalam perjalanan ekonomi China menuju yang terhebat?

Beragam analisa muncul terkait masa depan perekonomian China. Tentu saja dengan beragam argumentasi dan prediksi, kemana China akan mengakhiri perjalanan ekonomi yang hari ini demikian fantastis bak berjalan di alam mimpi?

Redaksi jokowinomics , memperoleh kesempatan untuk mewawancarai seorang pakar keuangan, pengamat ekonomi serta pelaku pasar yang telah lama malang melintang di trading floor valuta asing. Ia adalah Theo F Toemion.

Berikut petikan wawancaranya:

Q: Ada selentingan bahwa akan ada sesuatu yang besar, terkait sektor keuangan global di akhir tahun nanti. Apa yang bisa Anda katakan mengenai hal ini?

TFT: Dalam waktu dekat, mungkin pertengahan Oktober tahun 2015, akan ada sebuah pengumuman yang akan membuat heboh seluruh dunia. Itu benar. Tidak pernah hal seperti ini kita temui dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Pengumuman ini bisa jadi akan merubah sistem keuangan dunia secara massif. Triliunan dolar mungkin saja akan berpindah tangan dalam sekejab. Ini akan menjadi sejarah.

Q: Sederhananya?

TFT: Kita harus bersiap dan waspada. Jika Anda memiliki investasi saham, property, atau mungkin tabungan uang di bank, maka pengumuman ini akan menjadi seperti momentum, bagaimana nasib Anda nantinya.

Q: Siapa yang akan membuat pengumuman itu?

TFT: International Monetary Fund atau IMF. Bulan Oktober nanti, mereka akan mengeluarkan sebuah kebijakan yang secara radikal, akan mengubah posisi pasar uang dunia. Ada asset yang akan naik, ada juga yang akan crash. Yang jelas, akan terjadi efek domino bagi para pelaku pasar. Ada yang akan jadi kaya, ada juga yang akan rugi besar.

Q: Apakah Anda sedang berbicara tentang inflasi, suku bunga, atau tingkat pengangguran?

TFT: Enggak juga. Yang saya maksud adalah sesuatu yang bisa memindahkan uang Anda dengan sangat cepat. Tercepat dari apa yang pernah saya lihat, selama menggeluti pasar uang. Semua tahu bahwa pasar uang merupakan pasar terbesar di dunia. Sangat vital keberadaannya. Jauh lebih besar dari misalnya pasar saham, bursa, serta komoditi. Pasar uang itu 200 kali lebih besar dari pada stock market.

Makanya tidak heran, jika sesuatu terjadi atas pasar yang besar ini, maka semuanya ikut terpengaruh juga. Saya memprediksi bahwa nanti sekitar bulan Oktober 2015, IMF akan mentrigger perubahan dramatis buat siapa saja yang saat ini memegang US Dolar. Suka atau tidak suka, kita sedang mengarah ke sana.

Satu hal yang pasti adalah, hampir tidak ada orang yang membicarakan agenda IMF tersebut. Mungkin satu atau dua artikel singkat iya. Tapi issue ini kalah sama drama krisis Yunani misalnya. Atau gonjang ganjing Shanghai Stock Exchange. Prediksi saya, hal ini akan meledak. Lihat saja kejadian bulan January 2015 lalu di Swiss.

Q: Ada hubungannya dengan mata uang Swiss Franc?

TFT: Tentu saja. Tanggal 15 January 2015, sekitar pukul 9.30 waktu setempat. Sama sekali tidak ada peringatan. Tiba-tiba Bank Sentral Swiss mengumumkan kebijakan “depegging” Swiss Franc. Ingat bahwa saat itu nilai Swiss Franc terikat dengan Euro, yang berarti Franc dianggap sebagai salah satu save haven currency. Suku bunganya sangat rendah, memungkinkan para traders meminjam dengan menggunakan Franc.

Kemudian dalam waktu overnight, keadaan berubah dan mengirim siapa saja yang tidak siap masuk ke dalam masalah besar. Dalam hitungan jam, Swiss Franc mengalami apresiasi sebesar 40%. Para pelaku pasar kemudian ramai-ramai membuang Franc karena terlalu mahal –apalagi berbicara tentang quality stock seperti Nestle, Credit Suisse, Cartier dan lain-lain. Triliunan hanyut begitu saja, sebuah rekor tertinggi dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

Q: Apakah Anda memprediksi hal yang sama akan terjadi dengan US Dolar setelah pernyataan IMF nantinya?

TFT: Kita harus tahu bahwa elite IMF ini hanya bertemu dua kali dalam satu dekade, untuk membicarakan pergeseran mata uang seperti ini. Apa yang nanti akan mereka umumkan, bisa jadi akan meletakkan sebuah tatanan baru dalam sektor keuangan dunia. Ketika peristiwa Swiss Franc terjadi Januari lalu, jutaan masyarakat kelas menengah di seantero Eropa rugi besar. Karena Franc dianggap sebagai mata uang teraman, maka semua meminjam dalam Franc. Tiba-tiba semua hutang-hutang mereka membengkak sebesar 40%. Bayangkan, itu kan mimpi buruk.

Q: Ya, dan hari-hari itu terjadi kekacauan luar biasa.

TFT: Buat saya itu bukan hanya kekacauan, tetapi kerusuhan. Dalam beberapa jam saja, semua warga Swiss menyerbu semua mesin ATM di negeri itu. Mereka sebetulnya melihat adanya sebuah kesempatan di tengah kesempitan. Ramai-ramai, warga Swiss melakukan penarikan mata uang Euro dari ATM.

Keesokan harinya, peristiwa itu menjadi headline di mana-mana. Tapi ingat, sebelumnya tidak ada satupun media yang sukses meramalkan kejadian itu. Mana ada koran atau majalah, serta TV yang membahas tentang akan di depeggingnya Swiss Franc?

Sama persis tentang apa yang akan terjadi Oktober nanti. Jika mata uang minor seperti Swiss Franc bisa menimbulkan kegaduhan seperti itu, bagaimana jika nanti US Dolar yang mengalami hal serupa? Apa nda kacau bumi ini?

Demikian juga kita. Mayoritas orang Indonesia menggunakan US Dolar. Hampir semua transaksi asing di luar Rupiah, menggunakan US Dolar. Jika Anda tahu apa yang nantinya akan terjadi dengan US Dolar bulan Oktober mendatang, dan Anda tidak melakukan sesuatu, maka apapun keputusan Anda nanti akan menjadi sangat terlambat.

Q: Pak Theo, ini adalah prediksi yang sangat berani. Apa yang menjadi dasar Anda?

TFT: Begini. Kita harus menyadari bahwa Swiss Franc hanya sebutir debu jika dibandingkan dengan penting dan besarnya pengaruh US Dolar di seluruh dunia. Betul gak? Tapi jika setitik debu ini ternyata bisa menggoyang sebuah negara, bayangkan seperti apa dampak yang akan dihasilkan jika terjadi sesuatu dengan US Dolar?

Ingat bahwa Amerika saja, baik swasta atau pemerintah, memiliki hutang yang 100 kali lebih besar dari hutang negara Swiss. Sementara itu ada sekitar 1 trilun dolar mata uang Amerika tersebut, yang kini beredar di seluruh penjuru dunia –sama dengan 3000 kali lebih banyak dari peredaran Swiss Franc-.

Apa yang akan diumumkan oleh IMF, nantinya akan berdampak pada penggunaan US Dolar di seluruh dunia. Imbasnya tidak hanya akan dirasakan oleh para pelaku pasar, fund manager atau para trader di lantai bursa, tetapi seluruh masyarakat global akan ikut terpengaruh. Inilah arti sebenarnya dari ungkapan ketika Amerika bersin, seluruh dunia terjangkit flu.

Q: Sebetulnya apa sih yang akan diumumkan IMF Oktober nanti?

TFT: Muaranya itu seperti ini: Status US Dolar sebagai world reserve currency lah yang akan bergeser. IMF itu kan seperti club social para bankers dari seluruh dunia. Mereka mengatur sistem keuangan dunia. Mereka jugalah yang memegang kontrol atas apa yang saya sebut tadi, world reserve currency.

Saat ini dunia cuma tahu satu reserve currency yaitu US Dolar, meskipun di seluruh dunia ada sekitar tujuh mata uang besar yang memiliki pengaruh. Nah, inilah yang nantinya akan menjadi pusat pengumuman IMF. Kan semua tahu bahwa yang namanya reserve currency itu pasti sangat vital dalam instrument keuangan dunia. Pemerintah setiap negara memakai world reserve currency sebagai instrument hutang, simpanan dan juga investasi.

Kalau ada perubahan di dalam hal reserve currency ini, pasti langsung jadi headlines. Karena ribuan triliun akan “bergerak” dalam hitungan menit dan itu hal yang sangat fenomenal. Bisa juga menakutkan.

Q: Sebentar Pak Theo. Apakah Anda sedang mengatakan bahwa US Dolar tidak lagi akan menjadi world reserve currency?

TFT: Begini. Saya tidak mengatakan demikian. Prediksi saya, IMF belum akan melakukan hal seperti itu. Mereka tidak akan mengumumkan hal itu di bulan Oktober nanti. Tapi apa yang saya lihat adalah, sesuatu akan terjadi dengan dampak yang jauh lebih besar. Saya yakin IMF akan melakukan perubahan besar dalam sistem world reserve currency. Jadi bukan pada sisi mata uangnya, melainkan sistem dalam menentukan mata uang mana yang akan dijadikan reserve currency.

Saya ingin menjelaskan dulu apa pengertian sebenarnya dari reserve currency itu.
Secara sederhana, reserve currency adalah mata uang yang dipegang dalam jumlah tertentu, sebagai instrument transaksi internasional. Baik untuk pembelian dan pembayaran. Semua orang tahu bahwa US Dolar adalah mata uang yang dimaksud. Selama 48 tahun terakhir, US Dolar tidak tergoyahkan dari posisinya itu. Artinya, US Dolar adalah mata uang yang bisa diterima di seluruh dunia dan yang paling banyak digunakan.

Bagi Amerika, ini membawa keuntungan. Mereka bisa mencetak uang kapan saja mereka mau. Tapi bagi negara lain seperti Indonesia, hal itu menjadi tidak adil sebetulnya. Contohnya begini.

Singapura mau membeli batu bara dari Indonesia. Langkah pertama adalah kedua negara harus terlebih dahulu menukar mata uang mereka ke US Dolar, sebelum melakukan transaksi. Sama juga ketika Indonesia mau membeli minyak ke Arab Saudi.

Itulah pengertian sederhana dari mata uang yang menjadi world reserve currency.
Nah, bulan Oktober mendatang, inilah yang akan terjadi. IMF akan mengumumkan bahwa akan ada satu lagi mata uang yang akan “ditambahkan” sebagai world reserve currency. Artinya ada mata uang lain selain US Dolar, yang akan menjadi reserve currency. Dunia akan memiliki dua mata uang utama. Ketika ini terjadi, triliunan dolar –mungkin ribuan triliun dolar-, akan beralih dari US Dolar, ke mata uang yang nantinya akan ditentukan oleh IMF itu sendiri.

Q: Maksud Anda US Dolar akan dimadu seperti itu Pak?

TFT: Oh enggak. Bukan seperti itu. Tapi, di sanalah letak kengerian yang sebenarnya. Kita tidak mengerti dengan permainan seperti ini. Betapa berbahayanya hal ini jika nanti betul-betul terjadi.

Satu mata uang lain selain US Dolar, yang belum pernah menyandang status sebagai world reserve currency, sebentar lagi akan menjadi salah satu mata uang dunia yang bersanding dengan US Dolar. Artinya, sejak Perang Dunia ke Dua usai, kini Amerika harus menerima kenyataan bahwa dominasinya harus dibagi dua.

Sekarang ini dominasi US Dolar hanya bisa disaingi oleh Euro dan Yen.

Dominasi US Dolar sekitar 62%, sementara sisanya dibagi antara Euro dan Yen. Tapi sebentar lagi, prosentase tersebut akan berubah, dengan hadirnya reserve currency ke dua. Tidak ada perubahan sistem keuangan signifikan sebesar ini, yang terjadi dalam 35 tahun terakhir. Ingat, IMF hanya membahasa issue ini dua kali, dalam sepuluh tahun.

Keputusan IMF Oktober nanti, pasti akan menyulut reaksi berantai. Itu mengerikan sekali. Investor yang gagal melihat hal ini akan terjadi, hampir dapat dipastikan akan masuk jurang krisis.

Q: Jika nanti hal ini diumumkan IMF, bagaimana nasib dominasi US Dolar menurut Anda?

TFT: Mungkin bisa sampai 50% dominasi akan tergerus. Tapi begini, selalu ada untung dan rugi. Jika pintar membaca situasi, maka mungkin ada investor yang akan meraup 500% keuntungan akibat perpindahan status mata uang utama dunia ini.

Q: Pak Theo, ini merupakan prediksi yang berani. Siapa sumber Anda di internal IMF?

TFT: Anda tidak memerlukan orang dalam IMF untuk mengerti hal ini. Semua bisa dilihat dalam agenda kerja IMF, yang dipublikasikan secara umum. Bisa dilihat oleh siapa saja koq. Rencana kerja 2015 IMF, menjelaskan kepada kita tentang pertemuan Oktober nanti. Hanya saja, dalam dokumen yang bisa diakses publik tersebut, tidak semua ditulis dengan pernyataan yang bisa dimengerti oleh orang awam. Banyak yang tersirat saja dan hanya bisa dimengerti oleh mereka yang paham akan seluk beluk dunia keuangan.

Khusus untuk hal ini, saya akan menjelaskannya seperti ini. Kita bisa lihat bahwa IMF memulai diskusi yang saya bilang tadi, hanya dilakukan dua kali dalam sepuluh tahun, di bulan Mei 2015. Saat itu mereka bertemu untuk bicara mengenai reserve currency, sesuatu yang mereka sebut SDR.

Kita juga bisa melihat dalam rencana kerja tersebut, bahwa di bulan Oktober 2015, akan ada pengumuman tentang hal ini. Nah, seperti yang saya bilang, prediksi saya adalah IMF akan mengumumkan ada satu mata uang dunia lain, yang akan ditambahkan sebagai world reserve currency di samping US Dolar. Saya tidak tahu persis harinya, tapi berdasarkan pengalaman, IMF selalu membuat pengumuman penting pada hari Selasa. Jadi kita lihat saja nanti kapan persisnya.

Yang menjadi masalah adalah ini. Dari ke enam negara dengan ekonomi terbesar, hanya satu –sekali lagi hanya satu-, yang belum pernah dideklarasikan secara resmi sebagai mata uang dunia. Dan itu adalah Yuan, mata uang China.

Pelaku pasar uang, pasti mengerti hal ini. Pengumuman Oktober nanti, semua akan mengenai China dan mata uang mereka Yuan. Saya yakin, IMF akan segera meresmikan Yuan menjadi salah satu mata uang utama dunia. Titik.

Q: Jika hal itu terjadi, maka Yuan akan memiliki kekuatan besar untuk bersaing di pentas keuangan dunia. Orang akan melepas US Dolar dan memegang Yuan China. Apakah Anda melihat begitu?

TFT: Iya. Jelas demikian. Makanya penting untuk saat ini kita mengambil posisi, sambil terus mencermati setiap detil perkembangan yang terjadi. Mungkin ratusan juta orang yang menyimpan asetnya dalam US Dolar, akan jadi miskin ketika pergeseran ini terjadi. Dalam sejarah umat manusia, mungkin ini adalah pergeseran terbesar.

Q: Tapi Pak Theo, cerita ini kan belum heboh.

TFT: Lihat saja nanti. Semua media akan memberitakan hal ini. Itulah sebabnya, penting untuk kita mengambil langkah yang tepat. Terserah apa kita, termasuk pemerintahan Jokowi akan peduli dengan hal ini, yang jelas ini pasti terjadi. Investasi kita hampir semuanya ada di dalam US Dolar. Sementara permintaan akan US Dolar nantinya akan merosot drastis, pengumuman Yuan menjadi salah satu mata uang dunia, akan seperti gempa berkekuatan 10 Skala Richter pada dunia keuangan.

Q: Kenapa Yuan Pak Theo?

TFT: Ada empat alasan.

Pertama, China adalah kekuatan ekonomi terbesar dunia saat ini, terlepas dari semua masalah yang mereka hadapi. Menurut IMF sendiri, tahun 2014 akhir, China telah melampaui daya beli yang selama ini didominasi oleh Amerika. Menjadi masuk akal, jika kemudian negara dengan kekuatan ekonomi terbesar, memiliki mata uang yang menjadi reserve currency. China saat ini menjadi negara eksportir terbesar. Berarti negara-negara di dunia, akan mencari bantuan keuangan ke China. Termasuk juga Amerika. Hari ini saja, hutang Amerika ke China sudah mencapai paling tidak 1,3 tiliun dolar.

Q: Kalau sudah begitu, koq kenapa lama sekali baru IMF memutuskan Yuan menjadi salah satu world reserve currency?

TFT: Yang perlu ditekankan adalah, ini bukan berarti kiamat untuk US Dolar. Intinya adalah China memiliki jumlah dana yang begitu teramat besar dalam cadangan mereka. Mereka bisa dapat apa yang mereka mau. China juga bisa saja mempersulit Amerika, atau siapa saja yang memiliki hutang ke negara itu.

Sekarang alasan kedua kenapa Yuan menjadi salah satu world resereve currency adalah, tahun 2010 hampir saja mata uang China tersebut disahkan. Jadi ini bukan kali pertama IMF mewacanakan hal tersebut. Satu-satunya alasan Yuan batal menjadi mata uang utama adalah anggapan IMF, bahwa China belum cukup besar dalam hal menjadi negara eksportir, sehingga tidak banyak pihak yang akan menggunakan Yuan sebagai instrument pembayaran.

Tapi sekarang kan beda. China tumbuh dan berkembang dengan pesat. Tahun 2013, China menjadi negara eksportir terbesar. Dalam tiga tahun, volume eksport dan transaksi Yuan, meningkat enam kali lipat. Bahkan di majalah International Business Time, disebutkan Yuan merupakan mata uang nomor dua yang paling sering digunakan di dunia.

Q: Jadi Pak Theo, satu-satunya penghambat Yuan menjadi reserve currency sekarang sudah tidak ada lagi?

TFT: Proses itu perlahan tapi pasti. Ini menjadi alasan ketiga saya. Sebetulnya Yuan secara tidak resmi sudah mejadi reserve currency dunia. Negara-negara seperti Kanada, Jerman dan Hongkong kini memiliki lusinan apa yang dikenal dengan clearing centre, dimana Yuan ditukar dan diperdagangkan. Selain itu, kurang lebih 10.000 institusi keuangan dunia, saat ini melakukan bisnis mereka menggunakan Yuan sebagai instrument keuangan. Angka ini sama dengan peningkatan 1000% dibandingkan Juni 2011.

Q: Menarik sekali. Tapi bagaimana jika Yuan dibandingkan dengan Euro?

TFT: Desember 2013, Yuan berhasil melewati Euro sebagai mata uang nomor dua dunia. Data ini datang dari sebuah agency internasional bernama SWIFT, yang memonitor semua pergerakan mata uang dunia.

Saat ini ada paling tidak 40 bank sentral di dunia, yang telah menanamkan investasi mereka menggunakan Yuan. HSBC, Deutsche Bank, Bank of America, Citigroup, hanya beberapa contoh institusi keuangan yang telah menggunakan Yuan.

Akhir 2014, George Osborne seorang pejabat ekonomi Inggris mengatakan begini, Inggris akan menjadi negara pertama di dunia yang akan mengeluarkan obligasi dalam mata uang Yuan. Ia mengatakan bahwa pemerintah Inggris yakin, bahwa Yuan akan menjadi world reserve currency.

Inilah yang menjadi alasan ke empat, kenapa Yuan akan mendampingi US Dolar sebagai reserve currency dunia, mulai bulan Oktober nanti. Banyak banker-banker ternama yang sudah sering berkomentar, bahwa Yuan akan menjadi mata uang utama dunia. Seorang pejabat departemen keuangan Amerika, Jim Rickards, bahkan mengatakan bahwa Yuan akan menjadi reserve currency dari IMF!

Lalu ada seorang deputy managing director IMF, bernama Zhu Min. Ia adalah salah satu figure penting dalam pengumuman Oktober nanti. Entah secara sengaja atau tidak, ia berkata bahwa Yuan pasti menjadi global reserve currency.

Melihat hal ini, kita perlu terus mengamati apa yang akan terjadi. Supaya Indonesia juga siap untuk menghadapi perubahan bersar seperti ini. Jangan sampai nanti kita terjebak, karena tidak siap. Pemerintah pasti tahu persis apa yang harus dilakukan. Penting untuk segera menyiapkan strategi atau langkah-langkah antisipasi dalam menghadapi gejolak keuangan dunia.

You don't have permission to register